Tugas Budi Santoso 10 TKJ Elektonika 1.

A.)manfaat Energi Listrik:
1.Untuk Penerangan
2.Untuk Menanak Nasi
3.Untuk merebus air
4.Untuk Pendingin ruangan
5.Untuk menyetrika
6.Untuk mai game
7.Untuk men Charge perangkat elektronik

B)Sumber Energi Listrik:
1.Air
2.Angin
3..Panas Bumi
4.Batu Bara
5.Baterai/Aki
6.Sinar matahari

C)Sumber Energi dari Generator:
berasal dari turbin yang digerakan oleh tenaga air yang mengalir deras sehingga menghasilkan panas.
Walau generator dan motor punya banyak kesamaan, tapi motor adalah alat yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Generator mendorong muatan listrik untuk bergerak melalui sebuah sirkuit listrik eksternal, tapi generator tidak menciptakan listrik yang sudah ada di dalam kabel lilitannya. Hal ini bisa dianalogikan dengan sebuah pompa air, yang menciptakan aliran air tapi tidak menciptakan air di dalamnya. Sumber enegi mekanik bisa berupa resiprokat maupun turbin mesin uap, air yang jatuh melakui sebuah turbin maupun kincir air, mesin pembakaran dalam, turbin angin, engkol tangan, energi surya atau matahari, udara yang dimampatkan, atau apapun sumber energi mekanik yang lain.

D)Motor Listrik :
Motor listrik
adalah alat untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Alat yang berfungsi sebaliknya, mengubah energi mekanik menjadi energi listrik disebut generator atau dinamo. Motor listrik dapat ditemukan pada peralatan rumah tangga seperti kipas angin, mesin cuci, pompa air dan penyedot debu.
Pada motor listrik tenaga listrik dirubah menjadi tenaga mekanik. Perubahan ini dilakukan dengan merubah tenaga listrik menjadi magnet yang disebut sebagai elektro magnit. Sebagaimana kita ketahui bahwa : kutub-kutub dari magnet yang senama akan tolak-menolak dan kutub-kutub tidak senama, tarik-menarik. Maka kita dapat memperoleh gerakan jika kita menempatkan sebuah magnet pada sebuah poros yang dapat berputar, dan magnet yang lain pada suatu kedudukan yang tetap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar