Remidi DTE

NAMA    :RUDY NURCAHYO
KLS        :X TKJ
NO          :33

KESELAMATAN KERJA

 

Keselamatan adalah suatu keadaan aman, dalam suatu kondisi yang aman secara fisik, sosial, spiritual, finansial, politis, emosional, pekerjaan, psikologis, ataupun pendidikan dan terhindar dari ancaman terhadap faktor-faktor tersebut. Untuk mencapai hal ini, dapat dilakukan perlindungan terhadap suatu kejadian yang memungkinkan terjadinya kerugian ekonomi atau kesehatan.

Mengusahakan keselamatan di tempat kerja pada dasarnya adalah mengikuti perintah Allah ! Itu berlaku, baik anda sebagai pekerja, maupun pengusaha, yang mengusahakan pekerjaan tersebut. Jadi kalau anda mengabaikannya berarti anda berbuat dosa !

Ini serius ! Ini tidak hanya bagaimana saya mempromosikan K3 di tempat kerja, tetapi ini memang benar ada hubungannya dengan dunia-akherat, jadi tidak sekedar berbicara tentang nasib atau lagi apes. Karena itu termasuk perintah Allah, maka jika anda dapat mengusahakan dengan baik maka banyak berkat akan melimpah.

Penjelasannya begini, di alkitab ada pernyataan yang intinya adalah bahwa hukum yang utama di dunia ini adalah kasih, kasih kepada sesama sekaligus kepada diri sendiri. Dalam arti tertentu itu khan berarti rawatlah dirimu dan juga sesamamu. Jangan sampai dirimu celaka juga orang lain di dekatmu. Iya khan. Jadi praktisnya jika kamu memperhatikan K3 selama kamu bekerja maka secara otomatis kamu mendukung materi alkitab tersebut. Saya kira di agama lain juga begitu.

Pemahaman K3 kadang-kadang dimulai dari penalaran logis tentang resiko terjadinya kecelakaan kerja, hal itu kadang-kadang dapat dengan mudah diketahui (oleh orang yang tahu). Tapi fakta membuktikan bahwa banyak juga orang yang nggak tahu, atau nggak mau tahu. Mungkin alasannya beragam mulai dari malu disebut pengecut, lemah, mungkin juga keterbatasan alat, mau cepatnya aja dan lain sebagainya.

 

 

LINGKUNGAN HIDUP

Lingkungan hidup, sering disebut sebagai lingkungan, adalah istilah yang dapat mencakup segala makhluk hidup dan tak hidup di alam yang ada di Bumi atau bagian dari Bumi, yang berfungsi secara alami tanpa campur tangan manusia yang berlebihan.

Lawan dari lingkungan hidup adalah lingkungan buatan, yang mencakup wilayah dan komponen-komponennya yang banyak dipengaruhi oleh manusia.

Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut.

Lingkungan terdiri dari komponen abiotik dan biotik. Komponen abiotik adalah segala yang tidak bernyawa seperti tanah, udara, air, iklim, kelembaban, cahaya, bunyi. Sedangkan komponen biotik adalah segala sesuatu yang bernyawa seperti tumbuhan, hewan, manusia dan mikro-organisme (virus dan bakteri).

Ilmu yang mempelajari lingkungan adalah ilmu lingkungan atau ekologi. Ilmu lingkungan adalah cabang dari ilmu biologi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar